PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) TEHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

ROHMATIN, LAILY (2024) PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) TEHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
LAILY ROHMATIN.pdf

Download (841kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Rohmatin, Laily.2024. Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Kotak Kartu Misteri (KOKAMI) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi, Program Studi Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (1) Drs. Sujiran, M.Pd. (2) Dian Ratna Puspananda, M.Pd Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Kotak Kartu Misteri (KOKAMI), Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Kotak Kartu Misteri (KOKAMI) terhadap hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan Quasi experimental design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Islamiyah Banat Jatisari Senori. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dimana kelas VII B menjadi kelas kontrol dengan model pembelajaranya yang digunakan adalah konvensional dengan jumlah siswa 32 siswa dan kelas VII A menjadi kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Kotak Kartu Misteri (KOKAMI) dengan jumlah siswa 27 siswa. Teknik pengumpulan data yangdiguanakan adalah tes, observasi, dan validasi ahli media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Koatak Kartu Misteri (KOKAMI) lebih tinggi daripada siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan pada hasil rata-rata pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen rata-rata mengalami peningkatan dari 47,92 menjadi 79,04 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata 43,23 menjadi 58,39. Berdasarkan rata-rata kelas eksperimen yang diterapakan Problem Based Learning (PBL) berbantuan Kotak Kartu Misteri (KOKAMI) lebih tinggi daripada siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Selian itu juga dapat dibuktikan dengan uji t-test diperoleh ttabel = 2,00 dengan taraf signifikasi 5% sedangkan thitung diperoleh 4,76 maka hasil dapat disimpulkan hasil dari thitung > ttabel (4,76>2,00) artinya terdapat pengaruh pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Kotak Kartu Misteri KOKAMI terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 16 Oct 2024 05:01
Last Modified: 16 Oct 2024 05:01
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2727

Actions (login required)

View Item View Item