ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS XI SMK SANTIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BARISAN DAN DERET ARITMETIKA

Riera, E. Cin (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS XI SMK SANTIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BARISAN DAN DERET ARITMETIKA. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
ECIN RIERA.pdf

Download (488kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Riera, E Cin. 2024. Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMK Santika Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmetika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Junarti, M.Pd., (II) Boedy Irhadtanto, S.T, M.Pd. Kata kunci: analisis, kesalahan, teori newman Latar belakang penelitian ini rendahnya nilai siswa dalam mata pelajaran matematika dikarenakan kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Siswa menganggap bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit, diantaranya pada pokok bahasan barisan dan deret aritmetika. Siswa banyak melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal-soal barisan dan deret aritmetika. sebagaian besar siswa hanya menghitung secara urut dan tidak memahami konsep rumus barisan dan deret aritmetika, sehingga siswa sering mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmetika. Kesalahan yang dilakukan siswa salah satunya lalai atau kurang hati-hati dalam menyelesaikan soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini perlu dilakukan agar bisa membantu menemukan kesalahan apa saja yang dilakukan siswa sehingga akan lebih mudah menemukan solusi untuk meminimalisir terjadinya kesalahan tersebut dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan tahapan analisis kesalahan menurut teori Newman. Berdasarkan analisis data diperoleh persentase kesalahan reading error 9%, comprehension error 19%, transformation error 28%, process skill error 42%, dan encoding error 33%. Terdapat 2 siswa yang melakukan kesalahan reading error, 4 siswa melakukan Kesalahan Comperhension Error, 6 siswa melakukan Kesalahan Transformation Error, 9 siswa melakukan Kesalahan Process Skills Errors, dan 7 siswa yang melakukan kesalahan encodding error.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 18 Oct 2024 02:48
Last Modified: 18 Oct 2024 02:48
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2733

Actions (login required)

View Item View Item