PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PPKN MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 1 KEDUNGTUBAN

RAHAYU, SRI (2019) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PPKN MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 1 KEDUNGTUBAN. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2.Bab.1-3.pdf - Published Version

Download (299kB)

Abstract

ABSTRAK Rahayu, Sri. 2019. Peningkatan Motivasi Belajar PPKn Melalui Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Ayu Fitrianingsih, M.Pd. (II) Ernia Duwi Saputri, S.Pd. M.H. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Problem Based Learning Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar PPKn siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban. Hal ini diduga disebabkan oleh pola pembelajaran yang dilakukan guru. Masih membuat siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran serta kurangnya variasi model dalam pembelajaran PPKn. Problem Based Learning adalah Pembelajaran yang memiliki esensi berupa penyuguhan berbagai bermasalah yang autentik dan bermakna kepada peserta didik, yang dapat berfungsi sebagai sarana untuk melakukan investigasi dan penyelidikan. Di awal pembelajaran peserta didik diberi permasalahan terlebih dahulu selanjutnya masalah tersebut diinvestigasikan dan dianalisis untuk dicari solusinya. Jadi, peran guru dalam pembelajaran adalah memberikan fasilitas terhadap penyeledikan peserta didik. Tujuan Penelitian adalah Mengetahui dampak penerapan metode Problem Based Learning terhadap pembelajara PPkn kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dari 3 (tiga) siklus. Setiap siklus meliputi 4 (empat) tahapan yaitu: 1. Perencanaan 2. Pelaksanaan 3. Observasi 4. Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban dengan 3(tiga) kali pertemuan, subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 orang siswa yang terdiri 7 putra dan 19 putri. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan motivasi belajar dari siklus I, siklus II, siklus III dan dapat dilihat dari nilai kualitatif. Setelah melaksanakan penelitain tindakan kelas, disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar PPKn siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 25 Feb 2020 03:31
Last Modified: 25 Feb 2020 03:31
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/41

Actions (login required)

View Item View Item