Ghufron, M. Ali (2015) ENHANCING STUDENTS’ ACADEMIC WRITING SKILL BY USING RESEARCH PAPER WRITING INSTRUCTIONAL MATERIALS. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, 5 (2). pp. 67-75. ISSN p-ISSN: 2086-6100; e-ISSN: 2503-328X
Text
1781-3691-1-SM.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menginvestigasi apakah penggunaan Research Paper Writing Instructional Materials dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis paper/artikel jurnal penelitian; dan (2) untuk menginvestigasi situasi kelas ketika Research Paper Writing Instructional Materials diterapkan sebagai materi ajar di kelas. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan ini dilakukan pada mahasiswa semester IV Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Bojonegoro tahun akademik 2014/2015. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Data yang diperoleh dari penelitian tindakan ini berupa data kualitatif dan data kuantitaif. Data kualitatif diperoleh dengan menggunakan teknik observasi dan interview. Sedangkan data kunatitatif diperoleh dengan cara tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Research Paper Writing Instructional Materials dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis paper dan juga meningkatkan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran menulis akademis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Research Paper Writing Instructional Materials dapat meningkatkan ketrampilan menulis akademis mahasiswa dan juga situasi kelas.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Depositing User: | M. Ali Ghufron |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 08:16 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 08:16 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/452 |
Actions (login required)
View Item |