PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MANAJEMEN KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 KEDUNGTUBAN

YULIANA, FITRA DWI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MANAJEMEN KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 KEDUNGTUBAN. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
FITRA SKRIPSI - FIX_19210014 (1)_removed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Yuliana, Fitra Dwi, 2023. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Manajemen Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban. Skripsi, Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Dosen Pembimbing (I) Rika Pristian F.A, S.Pd. M. Pd, (II) Anis Umi Khoirotunnisa, S.Pd. M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi manajemen kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental. Penelitian ini termasuk jenis metode penelitian eksperimen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitan ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban Tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 4 kelas yaitu dengan jumlah siswa sebanyak 118 siswa. Dengan sampel dalam penelitian ini adalah 46 siswa. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh sedangkan teknik samplingnya menggunakan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Uji validitas instrumen menggunakan uji validitas tes, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’. Teknik analisis data data yaitu dengan menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji analisis regresi linear sederhana sedangkan uji hipotesis menggunakan uji parsial (t). Hasil penelitian menunjukkan (1) media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi manajemen kelas X SMK tMuhammadiyah 1 Kedungtuban. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata post test siswa kelas eksperimen yaitu 86,73 sedangkan untuk rata-rata pre test kelas kontrol yaitu 35,26 perbedaan ini diperkuat berdasarkan uji t dengan nilai thitung = 5.647 dan ttabel = 2,014 sehingga tthitung > ttabel atau nilai signifikansi t sebesar 0,000 < 0.05. Kata kunci : Media, audio visual, hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 16 Nov 2023 04:16
Last Modified: 16 Nov 2023 04:16
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2300

Actions (login required)

View Item View Item