ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN PADA MATERI SOAL CERITA ALJABAR DI KELAS VII SMPN 1 SOKO KABUPATEN TUBAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

UMAH, NUR KHOVIFAH ROHMATUL (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN PADA MATERI SOAL CERITA ALJABAR DI KELAS VII SMPN 1 SOKO KABUPATEN TUBAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
NUR KHOVIFAH ROHMATUL UMAH.pdf

Download (396kB)

Abstract

Khovifah, Nur. 2023. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Tipe Kepribadian Pada Materi Soal Cerita Aljabar Di Kelas VII SMPN 1 Soko Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (1) Ali Noeruddin, S.Si., M.Pd. (2) Neneng Rika Jazilatul Kholidah, M.H. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam memecahkan masalah soal cerita Aljabar yang ditinjau dari tipe kepribadian siswa kelas VII SMPN 1 Soko Kabupaten Tuban. Metode Penelitian ini merupakan penilitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMPN 1 Soko Kabupaten Tuban pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 32 siswa dimana 4 siswa sebagai sampel. Data dalam penelitian ini berupa hasil observasi (pengamatan), penyebaran angket, soal atau tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara dari siswa. Adapun hasil penelitian analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari tipe kepribadian (Sanguinis, Melankolis, Koleris, dan Phlegmatis) pada materi soal cerita aljabar di kelas VII SMPN 1 Soko Kabupaten Tuban yaitu dari 4 tipe kepribadian dapat diketahui bahwa tipe kepribadian melankolis adalah tipe kepribadian yang mampu melewati semua indikator pemecahan masalah yang diberikan,tipe Sanguinis cenderung di awal mampu menyelesaikan masalah tapi tidak mampu menyelesaikan dengan baik dan benar, tipe phlegmatis cenderung tidak mampu memahami perintah soal atau masalah sehingga tidak dapat menyelesaikan dengan benar, tipe koleris cenderung mampu mengorganisasikan langkah-langkah dalam penyelesaian masalah namun tidak sepenuhnya menyelesaikan dan menjawab dengan benar. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Tipe Kepribadian Littauer

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:51
Last Modified: 29 Nov 2023 03:51
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2365

Actions (login required)

View Item View Item