PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP ISLAM NURUL ULUM KEMIRI TAHUN AJARAN 2022/2023

LIQO’, FITHROTUL KHOIRI YAUMUL (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP ISLAM NURUL ULUM KEMIRI TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING_removed.pdf

Download (610kB)

Abstract

Liqo’, Fithrotul Khoiri Yaumul. 2023. Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Islam Nurul Ulum Kemiri Tahun Ajaran 2022/2023. Proram Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Penetauan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Fruri Stevani, M.Pd., (II) Boedy Irhadtanto, S.T., M.Pd. Kata Kunci: Mind Mapping; Hasil Belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh positif penggunaan metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Islam Nurul Ulum Kemiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis regresi linear sederhana dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwasetelah pembelajaran dengan metode mind mapping dari yang awalnya rata-rata nilai siswa sebesar 56,91 meningkat menjadi 77,65. Selain itu hasil thitung lebih besar dari ttabel dengan perbandingan 6,716 > 1,696, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Islam Nurul Ulum Kemiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:57
Last Modified: 29 Nov 2023 06:57
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2371

Actions (login required)

View Item View Item