KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN NOVEL BUMI DAN LUKANYA KARYA REVIANAAPRL (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)

NURIYAH, FAJAR KAMILA (2023) KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN NOVEL BUMI DAN LUKANYA KARYA REVIANAAPRL (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA). Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SKRIPSI FAJAR KAMILA NURIYAH 19110050_removed.pdf

Download (741kB)

Abstract

Kamila Nuriyah, Fajar. 2023. Konflik Batin Tokoh Utama dan Nilai Pendidikan Novel Bumi dan Lukanya Karya Revianaaprl (Kajian Psikologi Sastra). Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Abdul Ghoni Asror, S.Pd., M.Pd., (II) Novi Mayasari, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Novel, Konflik Batin, Psikologi Humanistik, Nilai Pendidikan. Karya sastra diciptakan pengarang untuk dapat dinikmati, dipahami, dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik batin tokoh utama dan nilai pendidikan novel Bumi dan Lukanya karya Revianaaprl. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan Psikologi Humanistik Abraham Maslow untuk menganalisis aspek kejiwaan tokoh utama. Pengumpulan data menggunakan teknik simak, teknik catat, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari analisis penelitian menunjukkan terdapat 51 konflik batin psikologi humanistik Abraham Maslow yang meliputi (a) 9 kebutuhan fisiologis, (b) 9 kebutuhan rasa aman, (c) 19 kebutuhan rasa cinta dan memiliki, (d) 7 kebutuhan harga diri, (e) 7 kebutuhan aktualisasi diri. Selain itu juga terdapat 66 nilai pendidikan yang meliputi (a) 11 pendidikan religius, (b) 24 pendidikan moral, (c) 22 pendidikan sosial, dan (d) 9 pendidikan budaya. Penemuan konflik batin psikologi humanistik Abraham Maslow didominasi pada data kebutuhan rasa cinta dan memiliki, yaitu sebanyak 19 data. Hal ini dikarenakan novel Bumi dan Lukanya karya Revianaaprl mengisahkan tokoh utama yang tidak pernah mendapatkan kasih sayang kedua orang tua dan kerap kali tidak dianggap keberadaannya di rumah. Sedangkan penemuan nilai pendidikan terbanyak didominasi pada data nilai pendidikan moral, yaitu sebanyak 24 data. Hal ini dikarenakan konflik-konflik yang terjadi antar tokoh memberikan pengajaran moral yang baik kepada pembaca.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:35
Last Modified: 30 Nov 2023 02:35
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2379

Actions (login required)

View Item View Item