PENGARUH PENGURUS OSIS (ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH) TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 1 KALITIDU TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Khasanah, Dhofirul (2023) PENGARUH PENGURUS OSIS (ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH) TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 1 KALITIDU TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Skripsi_Dhofirul_Khasanah_Fix_removed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Khasanah, Dhofirul, 2023. Pengaruh pengurus OSIS (Organisasi siswa intra sekolah) terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Kalitidu tahun pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Fifi Zuhriah, S.Pd.,M,Pd., (II) Dr. Dra. Junarti, M.Pd Kata Kunci: OSIS, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar PPKn Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian dan hasil belajar PPkn siswa pengurus OSIS periode 2022/2023, mengetahui kemandirian dan hasil belajar PPKn siswa yang pengurus OSIS, mengetahui perbedaan kemandirian dan hasil belajar PPKn siswa pengurus OSIS dengan siswa bukan pengurus OSIS, mengetahui pengaruh pengurus OSIS terhadap kemandirian dan hasil Belajar siswa mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Kalitidu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan OSIS dan siswa yang tidak mengikuti kegiatan OSIS meliputi kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Kalitidu, dengan jumlah 45 siswa OSIS dan 46 siswa Bukan OSIS yang diambil dengan teknik purposive random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket/kuesioner untuk mengetahui kemandirian belajar dan dokumentasi hasil belajar PPKn berupa nilai hasil ulangan akhir semester satu (ganjil). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analis inferensisal, dilakukan uji hipotesis menggunakan anova dua jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan OSIS tidak mempengaruhi kemandirian dan hasil belajar siswa secara signifikan dilihat dari nilai F = 0,845 dan nilai signifikannya 0,660 > 0,05 maka Ho diterima, dapat disimpulkan bahwa Ho diterima sehingga tidak berpengaruh antara kegiatan OSIS dengan kemandirian dan hasil belajar PPKn siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 30 Nov 2023 08:10
Last Modified: 30 Nov 2023 08:10
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2381

Actions (login required)

View Item View Item