ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL KADO TERBAIK KARYA J.S. KHAIREN

MAULIDIYAH, NURUL (2023) ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL KADO TERBAIK KARYA J.S. KHAIREN. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SKRIPSI NURUL MAULIDIYAH_removed.pdf

Download (661kB)

Abstract

Maulidiyah, Nurul, 2023. Analisis Kepribadian Tokoh Utama dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Kado Terbaik Karya J.S. Khairen. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Sutrimah, M.Pd,, (II) Fitri Nurdianingsih, M.Pd. Kata Kunci: kepribadian tokoh utama, nilai pendidikan karakter, novel Kado Terbaik Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menjelaskan kepribadian tokoh utama dan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Kado Terbaik karya J.S. Khairen. Pentingnya aspek kepribadian adalah sebagai bentuk karakter pada diri seseorang yang unik atau berbeda-beda antara satu sama lain, bagaimana sikap seseorang menggunakan akal untuk berpikir dalam menjalani hidup dengan berbagai masalah yang dihadapi. Selain kepribadian, nilai pendidikan karakter juga sangat berguna sebagai acuan atau pedoman dalam pembentukan tingkah-laku menjadi manusia yang lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, berupa kajian dokumen atau pustaka melalui buku atau artikel yang relevan dengan mendeskripsikan data secara terperinci. Hasil analisis data yang diperoleh peneliti berupa kalimat yang membentuk paragraf. Peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian sekaligus pengumpul data. Fokus penelitian yaitu analisis kepribadian tokoh utama dan nilai pendidikan karakter dalam novel Kado Terbaik karya J.S. Khairen. Sumber data pada penelitian ini yaitu novel Kado Terbaik karya J.S. Khairen, buku pedoman lain, jurnal dan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu membaca mencatat. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan analisis data, peneliti menemukan 6 aspek kepribadian tokoh utama dengan total 48 data yaitu Gapasioneerdern (orang hebat) terdiri dari emosional 4 data, rasa kekeluargaan 7 data, egois 1 data, dan suka menolong 2 data, Cholerici (orang garang) terdiri dari pemberani 3 data, bertindak ceroboh 4 data, lincah 4 data, optimis 3 data, Sentimentil (orang perayu) terdiri dari pintar bicara 7 data, Nerveuzen (orang penggugup) terdiri dari suka memprotes 2 data, Flagmatici (orang tenang) terdiri dari tidak mudah putus asa 5 data, tekun bekerja 1 data, Sanguinici (orang kekanak-kanakan) terdiri dari pendendam 2 data, kurang berani 5 data. Sementara itu, nilai pendidikan karakter terdapat 61 data yang terdiri terdiri dari religius 10 data, jujur 9 data, kerja keras 5 data, mandiri 1 data, rasa ingin tahu 12 data, bersahabat atau komunikatif 4 data, menghargai prestasi 1 data, cinta damai 4 data, peduli sosial 10 data, dan tanggung jawab 5 data.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 01 Dec 2023 04:04
Last Modified: 01 Dec 2023 04:04
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2389

Actions (login required)

View Item View Item