Sayyidah, Kaifiyatika Nur (2024) PENGARUH NILAI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP PENINGKATAN NILAI LITERASI ASESMEN NASIONAL PADA SISWA SMP NEGERI 1 BUBULAN. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
Kaifiyatika Nur Sayyidah.pdf Download (749kB) |
Abstract
Sayyidah, K. N. (2024). “Pengaruh Nilai Mata Pelajaran Bahasa Indonesia terhadap Peningkatan Nilai Literasi Asesmeen Nasional pada Siswa SMP Negeri 1 Bubulan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. IKIP PGRI Bojonegoro. (I) Dr. Cahyo Hasanudin, M.Pd., (II) Sutrimah, M.Pd. Kata Kunci: asesmen nasional, literasi, mata pelajaran bahasa Indonesia Asesmen Nasional ini sebagai bentuk evaluasi sistem pendidikan yang diperlukan untuk memperoleh informasi yang akurat dan komprehensif agar menghasilkan Profil Pendidikan. Asesmen Nasional (AN) memiliki tujuan mengukur hasil belajar kongnitif dan nonkongnitif, serta kualitas lingkungan belajar yang dimiliki satuan pendidikan. Hasil belajar kognitif mencakup literasi membaca dan numerasi. Literasi merupakan kemampuan yang harus dimiliki setiap peserta didik karena penguasaan literasi dapat membantu peserta didik untuk menguasai berbagai mata pelajaran khususnya bahasa Indonesia. Mata pelajaran bahasa Indonesia erat kaitannya dengan kemampuan literasi dalam kurikulum menjelaskan proses pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia terdapat dua peran penting yaitu yang pertama meningkatkan kemampuan berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan ada tidaknya pengaruh antara nilai mata pelajaran bahasa Indonesia terhadap peningkatan nilai literasi Asesmen Nasional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian ex-post facto yang artinya pengamatan dilakukan setelah kejadian, dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana, korelasi personal, uji t, dan determinan (R Square). Hasil pengujian hipotesis memperoleh nilai signifikansi (probabilitas) yang dihitung 0,044 < 0,05 berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan nilai literasi Asesmen Nasional di SMP Negeri 1 Bubulan. Sehingga semakin tinggi nilai mata pelajaran bahasa Indonesia maka semakin tinggi pengaruh nilai literasi Asesmen Nasional. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0.990 (99%) yang menunjukkan bahwa pengaruh nilai mata belajaran bahasa Indonesia terhadap nilai literasi Asesmen Nasional di SMP Negeri 1 Bubulan sebesar 99%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 08:34 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 08:34 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2638 |
Actions (login required)
View Item |