PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA BERITA DARING DI SMP NEGERI 1 PARENGAN

Pramesti, Machika Pingki Debilla (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA BERITA DARING DI SMP NEGERI 1 PARENGAN. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Machika Pingki Debilla Pramesti.pdf

Download (431kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

Pramesti, Debilla Pingki Machika. 2024. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Berita Daring Di SMP Negeri 1 Parengan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (1) Dr. Cahyo Hasanudin, S.Pd., M.Pd., Pembimbing (2) Sutrimah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci─ Menulis Teks Berita, Discovery Learning, Media Berita Daring Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Parengan dalam menulis teks berita, yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap sumber berita dan unsur-unsur teks berita. Hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata siswa hasil tes keterampilan menulis teks berita yaitu 57,31. Nilai rata-rata tersebut belum memenuhi kriteria ketuntasan klasikal (KKM). Oleh karena itu untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media berita daring. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi dan bentuk peningkatan kemampuan menulis siswa jika diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan media berita daring dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VII E di SMP Negeri 1 Parengan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dua siklus yaitu siklus I, dan siklus Il pada setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Parengan sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan media berita daring pada penulisan teks berita siswa sangat baik. Hasil belajar siswa mengalami kenaikan pada pratindakan rata-rata siswa mencapai 57,31 ketuntasan klasikal mencapai 21,87%, pada pembelajaran siklus I meningkat dengan rata-rata 72,31 ketuntasan klasikal mencapai 62,5%, dan pada pembelajaran siklus Il meningkat dengan rata-rata 84,31 ketuntasan klasikal mencapai 100%. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media berita daring dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa hal ini ditunjukan dengan peningkatan rata-rata dan ketuntasan klasikal siswa setiap siklus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 02 Oct 2024 04:19
Last Modified: 02 Oct 2024 04:19
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2640

Actions (login required)

View Item View Item