Efektivitas Strategi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Memahami Teks Editorial Siswa Kelas XII-IPA SMA Negeri 1 Parengan Tahun Pelajaran 2023/2024

ROHMAWATI, ROHMAWATI (2024) Efektivitas Strategi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Memahami Teks Editorial Siswa Kelas XII-IPA SMA Negeri 1 Parengan Tahun Pelajaran 2023/2024. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
ROHMAWATI.pdf

Download (740kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

Rohmawati. 2024. “Pengaruh Strategi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Memahami Teks Editorial Siswa Kelas XII-IPA SMA Negeri 1 Parengan Tahun Pelajaran 2023/2024”. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Drs. Syahrul Udin, M. Pd., Pembimbing II Muhamad Sholehhudin, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: cooperative integrated reading and composition (CIRC), keterampilan membaca pemahaman siswa Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan memahami teks editorial siswa kelas XII-IPA SMA Negeri 1 Parengan tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII-IPA SMA Negeri 1 Parengan, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XII-IPA 1 berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa strategi pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan kelas XII-IPA 3 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol yang diberi strategi pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah soal tes hasil belajar yang terdiri dari 14 soal pilihan ganda yang sebelumnya terdiri dari 20 soal pilihan ganda yang diuji dengan validitas isi, validitas konsistensi internal, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknis analisis data atau pengujian hipotesis menggunakan statistik dengan uji t dengan rumus Separated Varians dan dilakukan analisis uji prasyarat diantaranya adalah uji normalitas dengan metode Lilliefors, dan uji homogenitas dengan uji F, serta uji keseimbangan dengan uji t dua pihak. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan efektivitas hasil kemampuan memahami teks editorial siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) diperoleh t hitung = 3,5356 dan t tabel = 2,3044, karena t hitung > t tabel, sehingga H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil efektivitas memahami teks editorial menggunakan strategi pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada kelas XII-IPA SMA Negeri 1 Parengan Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 03 Oct 2024 07:41
Last Modified: 03 Oct 2024 07:41
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2653

Actions (login required)

View Item View Item