PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN METODE NATURE LEARNING PADA SISWA KELAS VIII H SMP NEGERI 1 PURWOSARI KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2023/2024

ROHMAH, IVA DHUR (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN METODE NATURE LEARNING PADA SISWA KELAS VIII H SMP NEGERI 1 PURWOSARI KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2023/2024. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
IVA DHUR ROHMAH.pdf

Download (715kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

Iva Dhur, Rohmah. 2024. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Menggunakan Metode Nature Learning Pada Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Purwosari Kabupaten Bojonegoro Tahun Ajaran 2023/2024.Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (1) Abdul Ghani Asror, M.Pd. (2) Okhta Ika Rahmawati, M.Pd Abstrak- Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas proses kemampuan menulis teks cerita pendek dan untuk meningkatkan kualitas hasil kemampuan menulis teks cerita pendek dengan menggunakan metode Nature Learning pada siswa kelas VIII H SMPN 1 Purwosari Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian dilakukan melalui 2 siklus, Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi termasuk dalam setiap siklus. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Purwosari dengan total 32 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilakukan secara kolaboratif. Data penelitian peneliti dapatkan dari Nilai siswa dan hasil observasi siswa menulis teks cerita pendek. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes dan non tes. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data kualitatif serta kuantitatif. Data kualitatif berbentuk lembaran observasi dari penerapan metode Nature Learning dan wawancara guru dan siswa. Data kuantitatif didapatkan dari peningkatan nilai keterampilan menulis siswa yang didapat dari hasil tes. Teknik validasi data pada penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: 1) Penerapan metode Nature Learning dalam materi menulis cerita pendek mempunyai kategori sangat baik, 2) hasil pembelajaran peserta didik dalam pelajaran menulis teks cerita pendek setiap siklus mengalami peningkatan setelah menggunakan metode Nature Learning. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 67,6% dengan peningkatan hasil tes sebanyak 10.3 %. Hasil belajar siswa pada siklus II adalah 87.2% dengan meningkatnya nilai tes sebanyak 19, 6%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan nilai kegiatan prasiklus, siklus pertama dan siklus kedua , Hasil kinerja guru dan keaktifan siswa melalui penerapan metode Nature Learning pada materi menulis teks cerita pendek yang rata-rata nilainya 87,2% tergolong pada kriteria sangat tinggi. Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Metode Nature Learning, Cerita Pendek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 04 Oct 2024 04:09
Last Modified: 04 Oct 2024 04:09
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2655

Actions (login required)

View Item View Item