PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII MTs ISLAMIYAH KASIMAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Yuliansyah, Mochamad Kries (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII MTs ISLAMIYAH KASIMAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Mochamad Kries Yuliansyah.pdf

Download (971kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

Yuliansyah, Mochamad Kries. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII MTs ISLAMIYAH KASIMAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI BOJONEGORO, Pembimbing (I) Drs. Syahrul Udin, M.Pd, Pembimbing (II) Muhamad Sholehhudin, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : media gambar, teks puisi, dan keterampilan menulis Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII MTs Islamiyah Kasiman dalam menulis puisi dengan memanfaatkan foto-foto keindahan alam sebagai media pendukung. Partisipan penelitian terdiri dari 20 siswa kelas VIII MTs Islamiyah Kasiman pada tahun pelajaran 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas, wawancara, dan tes untuk menilai kemampuan menulis puisi mereka. Validitas penelitian ini dijaga melalui pendekatan demokratis, proses, dan dialogis. Untuk memastikan reliabilitas data pembelajaran menulis puisi, informasi dikumpulkan dari guru, siswa, dan peneliti sebagai pengamat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam proses pembelajaran menulis puisi. Sebelum intervensi, siswa kurang aktif dan antusias, serta mengalami kesulitan dalam memahami tugas dari guru. Namun, setelah intervensi, siswa menunjukkan keterlibatan dan antusiasme yang lebih baik selama proses pembelajaran. Mereka juga mampu bekerja secara mandiri dalam menulis, menyunting, dan mempublikasikan puisi hasil karya mereka sendiri. Secara keseluruhan, terdapat peningkatan nilai rata-rata dari 51.0 sebelum intervensi menjadi 71.0 pada akhir siklus pertama. Selisih rata-rata antara siklus I (71.0) dan siklus II (80.7) menunjukkan peningkatan nilai sebesar 9,7. Dari pre-test (51.0) hingga akhir siklus II (80.7), terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 29,7. Peningkatan tertinggi terjadi pada akhir siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan foto keindahan alam efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII MTs Islamiyah Kasiman dalam menulis puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 04 Oct 2024 04:27
Last Modified: 04 Oct 2024 04:27
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2656

Actions (login required)

View Item View Item