Putri, Amelya Widya (2024) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Hati Suhita Karya Archie Hekagery serta Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
Amelya Widya Putri.pdf Download (997kB) |
Abstract
Putri, Amelya Widya 2024. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Hati Suhita Karya Archie Hekagery Serta Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing I Dr. Masnuatul Hawa, S.Pd, M.Pd, pembimbing II Joko Setiyono S.Pd. M.Pd. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Film, Pembelajaran Bahasa Indonesia Pendidikan karakter merupakan tahap pengajaran untuk peserta didik guna menjadi pribadi berkarakter dalam lingkup rasa, karsa, raga, pikir dan hati. penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskrisikan dan menganalisis nilai- nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Hati Suhita Karya Archie Hekagery, (2) untuk mengetahui hubungan nilai- nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Hati Suhita Karya Archie Hekagery dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif mendeskripsikan suatu objek, fenomena atau settting sosial yang dituangkan dalam tulisan bersifat naratif. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan nilai- nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Hati Suhita. Sumber data diperoleh dari film Hati Suhita karya Archie Hekagery. Teknik pengumpulan data berupa teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data, memadatkan data, menampilkan data, serta penarikan kesimpulan. Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan ketekunan pengamat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) nilai- nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Hati Suhita karya Archie Hekagery meliputi religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar memaca, peduli sosial, tanggung jawab. (2) Hubungan film Hati Suhita karya Archie Hekagery dengan pembelajaran bahasa Indonesia terdapat pada KD. 3.3 menganalisis teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/ reviu film/ drama baik melalui lisan maupun tulisan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 05:49 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 05:49 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2660 |
Actions (login required)
View Item |