PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS VIII-A DI SMP NEGERI 1 BALEN

RAHMAWATI, ELIA AIRUL (2024) PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS VIII-A DI SMP NEGERI 1 BALEN. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
ELIA AIRUL RAHMAWATI.pdf

Download (550kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

Rahmawati, Elia Airul. (2024). “Penerapan Metode Drill and Practice Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas VIII-A di SMP Negeri 1 Balen”. Program studi pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Abdul Ghoni Asror, S.Pd. M.Pd. pembimbing II Dr. Moh. Fuadul Matin, S.S., M.Pd Penelitian ini berawal dari kurangnya kemampuan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Balen, Dikarenakan proses pembelajaran yang kurang menarik menjadikan siswa pasif di kelas. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan penugasan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan kemampuan menulis. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penerapan menggunakan metode drill and practice dalam pelaksanaan Pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian dari penelitian tindakan kelas yaitu untuk menganalisis penerapan metode drill and practice untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Balen. Manfaat penelitian dari penelitian tindakan kelas untuk membantu meningkatkan kemampuan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Model Stephen Kemmis dan Robyn McTaggart yang tiap siklus terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes tulis dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode drill and practice berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai akhir aktivitas guru siklus I mendapat 83,33 (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 95 (sangat baik). Sedangkan nilai akhir aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 80 (baik) menjadi 92,5 (sangat baik) pada siklus II. Peningkatan keterampilan menulis juga dapat dibuktikan dengan nilai keterampilan menulis pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I diperoleh persentasi keberhasilan kelas 65,625 (cukup). Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase keberhasilan kelas 93,75% (sangat baik) dan telah memenuhi indikator kinerja yang di tetapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 10 Oct 2024 04:26
Last Modified: 10 Oct 2024 04:26
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2694

Actions (login required)

View Item View Item