ANALISIS PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF SISWA KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH 1 BANJARANYAR BAURENO TAHUN PELAJARAN 2023/2024

WINOTO, OLIVIA RUSADI KURNIAWATI (2024) ANALISIS PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF SISWA KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH 1 BANJARANYAR BAURENO TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
OLIVIA RUSADI KURNIAWATI WINOTO.pdf

Download (619kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

Winoto, O. R. K., 2024. “Analisis Penerapan Metode Picture and Picture dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskriptif Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Banjaranyar Tahun 2024”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Drs. Syahrul Udin, M. Pd, Pembimbing II Muhamad Sholehhudin, M. Pd. Kata Kunci: Analisis, Menulis Teks Deskriptif, Metode pembelajaran Picture and Picture, Penerapan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menulis siswa dalam metode picture and picture, meskipun siswa sudah mampu memahami apa yang dipelajari, namun siswa masih kesulitan untuk menuangkan dalam bentuk tulisan. Oleh karena itu, perlu digunakan penggunaan metode yang tepat. Metode picture and picture dapat membantu siswa dalam mendeskripsikan gambar dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif karena dalam penelitian ini data yang dihasilkan berupa data deskriptif yang diperoleh dari data temuan yang berupa tulisan. Objek penelitian ini ialah siswa kelas VII Mts Muhammadiyah dengan jumlah 22 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran saat menggunakan metode picture and picture dan siswa dapat menentukkan struktur teks, bahasa dan gaya penulisan, dan kesalahan Bahasa dan ejaan. Pembelajaran menggunakan metode Picture and Picture dapat berjalan secara kondusif dan menyenangkan. Hasil sesudah pembelajaran metode Picture and Picture dalam menulisan teks deskriptif terdapat 12 anak tuntas dengan perolehan nilai di atas KKM 75, sedangkan masih ada 10 siswa yang masih mendapat nilai di bawah KKM. Perolehan nilai tertinggi adalah 80 dan perolehan nilai terendah adalah 55. Pembelajaran menggunakan metode picture and picture memberikan dampak positif bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 11 Oct 2024 04:33
Last Modified: 11 Oct 2024 04:33
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2703

Actions (login required)

View Item View Item