PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SAMBONG

PITALOKA, DIYAH AYU (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SAMBONG. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Diyah Ayu Pitaloka.pdf

Download (733kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Pitaloka, Diyah Ayu. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII di SMP Negeri 2 Sambong. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (1) Dr. Junarti, M.Pd. (2) Boedy Irhadtanto, M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran, Mind Mapping, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan quasi experiment. Siswa kelas VIII menjadi populasi dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling (acak), dimana kelas VIII B menjadi kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung yang berjumlah 32 siswa dan kelas VIII C menjadi kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran mind mapping leebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata0rata pada kelas eksperiman dan kelas kontrol. Kelas kontrol nilai rata-rata mengalami peningkatan dari 47,25 menjadi 56,75 sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata dari 50,71 menjadi 72. Berdasarkan hasil nilai rata-rata pada kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran mind mapping lebih tinggi dibandingkan hasil rata-rata pada kelas kontrol yang diterapkannya model pembelajaran langsung. Selain itu juga dibuktikan oleh hasil analisis data dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t-test diperoleh ttabel = 2,00 dengan taraf signifikansi 5% sedangkan nilai thitung = 8,95 maka hasil dari thitung > ttabel (8,95 > 2,00) yang artinya terdapat pengaroh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 25 Oct 2024 05:59
Last Modified: 25 Oct 2024 05:59
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2744

Actions (login required)

View Item View Item