PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

KHOIRIYAH, SITI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SITI KHOIRIYAH.pdf

Download (642kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Khoiriyah, Siti. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Video Animasi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (1) Novi Mayasari, S.Pd., M.Pd. (2) Anis Umi Khoirotunnisa, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Video Animasi Pembelajaran, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan video animasi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan quasi experimental design. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kedungadem. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, di mana kelas VII-C menjadi kelompok kontrol dengan model pembelajaran langsung dan kelas VII-D menjadi kelompok eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan video animasi yang masing-masing kelas terdiri dari 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan validasi ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan video animasi pembelajaran memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Pada kelas kontrol terjadi peningkatan nilai rata-rata dari 63,048 menjadi 79,452 sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata meningkat dari 62,081 menjadi 84,613. Selain itu juga dibuktikan oleh hasil analisis data dari uji hipotesis dengan uji t-test menunjukkan bahwa ttabel = 2,00 dengan taraf signifikansi 5% sedangkan nilai thitung diperoleh 2,669 maka hasil dari thitung > ttabel (2,669 > 2,00) hal ini memiliki arti bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 28 Oct 2024 03:57
Last Modified: 28 Oct 2024 03:57
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2752

Actions (login required)

View Item View Item