EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CAPCUT TERHADAP KEAKTIFAN BERKOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEDUNGADEM

Asmaradani, Maya Angelita (2024) EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CAPCUT TERHADAP KEAKTIFAN BERKOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEDUNGADEM. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Maya Angelita Asmaradani.pdf

Download (393kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Asmaradani. Maya Angelita, (2024). Efektivitas Media Video Berbasis Capcut Terhadap Keaktifan Berkomunikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungadem. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (1) Dr. Ernia Duwi Saputri, S.Pd., M.H. Pembimbing (II) Fifi Zuhriah, M.Pd. Kata Kunci: Video, Keaktifan, Komunikasi, Capcut Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan berkomunikasi siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila, hal ini dapat terlihat dari siswa yang kurang fokus mengikuti pembelajaran dikarenakan penggunaan media yang masih konvesional. Sehingga menyebabkan siswa tampak bosan dan tidak bersemangat. Selain itu, juga dijumpai siswa yang kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya, dan kurang berani tampil di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media video pembelajaran berbasis capcut terhadap keaktifan komunikasi siswa kelas VIII. tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui keefektifan video pembelajaran berbasis capcut terhadap keaktifan komunikasi siswa kelas VIII Pada Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Kedungadem. Penelitian ini menggunakan model penelitian deskriptif kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungadem, dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 8 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pembelajaran berbasis capcut efektif terhadap keaktifan berkomunikasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 12 Nov 2024 07:13
Last Modified: 12 Nov 2024 07:13
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2808

Actions (login required)

View Item View Item