SIVA, KHOIRUS (2024) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN KAHOOT! TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BALEN BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
KHOIRUS SIVA.pdf Download (566kB) |
Abstract
Siva, Khoirus. (2024). “Eksperimentasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Balen Bojonegoro”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Ali Mujahidin, S.Pd., M.M., Pembimbing II Rika Pristian Fitri Astuti, M.Pd. Kata Kunci: model pembelajaran, Flipped Classroom, Kahoot, hasil belajar Adanya penurunan antusiasme siswa dalam belajar di kelas pada sejumlah mata pelajaran, khususnya pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS. Meskipun sekolah difasilitasi media teknologi guna mendukung aktivitas pembelajaran di kelas, namun guru kurang memaksimalkannya dengan semestinya. Hal ini akhirnya berdampak pada hasil belajar mereka yang kurang maksimal. Oleh karena itu, hal ini dirasa menarik untuk dijadikan bahan penelitian. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran flippe. d classroom berbantuan kahoot pada mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Balen Bojonegoro? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Posttest-Only Control Design. Adapun yang menjadi responden adalah siswa kelas XI yang terdiri atas 34 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data meliputi dokumentasi, tes, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis komparatif dengan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa nilai Sig. sebesar 0,046. Perolehan nilai Sig. tersebut ternyata lebih kecil daripada nilai alpha 0,05 (0,046 < 0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka, kesimpulan uji hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan kahoot pada mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Balen Bojonegoro. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan kahoot pada mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Balen Bojonegoro. Kesimpulan tersebut diambil karena perolehan nilai Sig. lebih kecil daripada nilai alpha (0,046 < 0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 07:15 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 07:15 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2812 |
Actions (login required)
View Item |