ANAM, SAEFUL (2024) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI TUGAS PEKERJAAN RUMAH (PR) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI 5 SMAN 1 BALEN. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
SAEFUL ANAM.pdf Download (652kB) |
Abstract
Anam, Saeful. (2023). SKRIPSI. Judul: “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Tugas Pekerjaan Rumah (PR) pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI 5 SMAN 1 Balen”. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Bojonegoro. Nur Rohman, S.pd., M.Pd. Dr. Taufiq Hidayat, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pekerjaan Rumah, Ekonomi Pendidikan merupakan rangkaian proses manusia dalam mengaktualisasi atau menggali sebuah potensi yang dibawanya sejak dilahirkan, seperti belajar. Pembelajaran melibatkan berbagai kegiatan seperti mengerjakan pekerjaan rumah, mempersiapkan ulangan dan ujian, mendiskusikan masalah, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitia ini untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui pemberian pekerjaan rumah (PR) pada mata pelaran ekonomi kelas XI 5 SMAN 1 Balen. Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melalui 4 tahapan dan II siklus. Responden yang digunakan sebanyak 32 dari siswa kelas XI 5 SMAN 1 Balen. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I ke siklus II, di mana rata-rata nilai pada siklus I sebesar 64,84 meningkat menjadi 86 pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa pemberian PR dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang diajarkan di kelas. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan signifikan setelah melalui beberapa perlakuan seperti memberikan motivasi, semangat, dan dorongan kepada para siswa. Pada siklus II, semua siswa (100%) mencapai ketuntasan belajar, semua berada di atas ketentuan rata-rata pada siklus II dengan nilai rata-rata 86. Peningkatan hasil belajar ini dapat dikaitkan dengan peran aktif siswa dalam mengerjakan tugas yang membantu memperdalam pemahaman mereka terhadap konsep-konsep ekonomi yang diajarkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 05:18 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 05:18 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2819 |
Actions (login required)
View Item |