EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X MA ISLAMIYAH MALO BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2023/2024

RAHMAWATI, NOVA ELISA (2024) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X MA ISLAMIYAH MALO BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2023/2024. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Nova Elisa Rahmawati.pdf

Download (974kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Rahmawati, N. E., 2024. "Eksperimentasi Model Pembelajaran Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X MA Islamiyah Malo Bojonegoro Tahun Ajaran 2023/2024”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Nur Rohman, M.Pd., Pembimbing (II) Dr. Taufiq Hidayat, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Make A Match, Hasil Belajar Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran tipe make a match dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X MA Islamiyah Malo. Model pembelajaran make a match merupakan model pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan, dengan model pembelajaran make a match siswa dapat mengembangkan kemampuan dalam berfikir, serta mempermudah siswa mengingat konsep materi yang telah dipelajari. Secara tidak langsung model pembelajaran ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu, eksperimen kuasi (quasi eksperimental), dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X-2 yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan X-5 yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi untuk melihat data akademis awal siswa dan tes untuk melihat data akhir hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis melalui uji-t (Independent Sample Test). Dari hasil analisis data menunjukkan pengujian hipotesis thitung 3,833 > ttabel 1,672 dengan Nilai signifikansi (sig.2-tailed) dengan uji-t sebesar 0,000. Dengan p-value = 0,000 < α = 0,05, maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran tipe make a match dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan lembaga keuangan kelas X MA Islamiyah Malo Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 14 Nov 2024 08:40
Last Modified: 14 Nov 2024 08:40
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2824

Actions (login required)

View Item View Item