Oktaviyona, Tereza (2024) EKPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN (PKK)TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMKN 1 CEPU TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
Tereza Oktaviyona.pdf Download (473kB) |
Abstract
Tereza Oktaviyona.2024.Ekperimentasi Model Pembelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan (PKK) Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMKN 1 Cepu Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Jurusan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I). Nur Rohman, M.Pd. Pembimbing (II). Taufq Hidayat, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Prestasi Belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui perbedaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar meggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran produk kreatif kewirausahaan (PKK) kelas XI SMKN 1 Cepu tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Quasi Experimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI pemasaran SMK Negeri 1 Cepu sebanyak 68 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Pemasaran yang berjumlah dua kelas dengan jumlah masing-masing 34 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh XI Pemasaran 1 sebagai kelas kontrol dan XI Pemasaran 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Uji instrumen tes yang digunakan adalah uji validitas isi, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Uji prasyarat awal yang digunakan adalah uji normalitas dengan metode Lilliefors dengan perhitungan menunjukkan sampel berasal dari populasi berdistribusi normal, uji homogenitas menggunakan uji Bartlett dinyatakan homogen dan uji keseimbangan menggunakan uji-t satu pihak menunjukkan kedua kelompok dalam keadaan seimbang. Perhitungan uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t satu pihak. Dari hasil perhitungan uji hipotesis nilai sebesar 1,6697 dan nilai sebesar 2,382 pada taraf signifikan 5% dengan dk = 66. Nilai > dengan demikian DK yang artinya ditolak dan diterima. Kesimpulan adalah terdapat perbedaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar meggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran produk kreatif kewirausahaan (PKK) kelas XI SMKN 1 Cepu tahun pelajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 04:01 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 04:01 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2828 |
Actions (login required)
View Item |