Zulfariyanti, Siti (2024) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMAN 1 KALITIDU TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
siti zulfariyanti.pdf Download (608kB) |
Abstract
Zulfariyanti, Siti. 2024. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Course Review Horay (Crh) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X Sman 1 Kalitidu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Nur Rohman, S.Pd., M.Pd., (II) Dr. Taufiq Hidayat, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran, Course Review Horay, Hasil Belajar Berhasilnya siswa dalam melakukan proses pembelajaran ekonomi dapat dilihat dari hasil belajar siswa dengan hasil berbentuk nilai dan perubahan sikap yang semakin baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kalitidu pada materi industry keuangan bank yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kalitidu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X-1 dan X-8. Dalam artikel ini, instrument penelitian ini yang digunakan adalah post-test Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tiga metode, yaitu metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tes. Metode observasi dilakukan untuk melihat keadaan kelas dengan mengamati perilaku siswa, apakah siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan semangat serta memiliki minat yang tinggi atau tidak ketika pembelajaran, metode dokumentasi dalam penelitian ini digunakan untuk memperoleh sebuah data jumlah siswa dan hasil nilai UAS siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalitodu semester ganjil tahun ajaran 2023/2024, sedangkan metode tes untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Ekonomi. . hasil akhir diperoleh nilai sig (2-tailed) < 0,05, yaitu 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dan model pembelajaran konvensional pada materi industri keuangan bank di kelas X SMA Negeri 1 Kalitidu yang ditinjau dari penilaian tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 04:19 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 04:19 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2830 |
Actions (login required)
View Item |