PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI DI SMKN TRUCUK BOJONEGORO

FIRISQINA, NINDI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI DI SMKN TRUCUK BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Nindi Firisqina.pdf

Download (594kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Firisqina, Nindi. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Kelas XI Di SMKN Trucuk Bojonegoro”. Skripsi, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. 1) Ali Mujahidin, S.Pd. M.M. dan 2) Rika Pristian Fitri Astuti, M.Pd. Kata Kunci: PjBL, TPACK, Prestasi Belajar Latar belakang penelitian ini adalah menurunnya prestasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan masih ada siswa yang belum termotivasi untuk belajar dan cenderung berbicara sendiri, bermain handphone dengan teman sebangkunya saat guru menjelaskan materi pelajaran dan masih ada siswa yang tidur saat pembelajaran dimulai. Tujuan dari penenlitian ini adalah mengetahui pengaruh Model Pembelajaran PjBL Berbasis TPACK Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Kelas XI Di SMKN Trucuk Bojonegoro. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, observasi. Hasil dari uji normalitas nilai untuk Asymp.sig. (2 tailed) sebesar 0,200 > 0,05 artinya data dalam penelitian ini berdistribusi normal. Hasil output SPSS 25 hasil uji linieritas diketahui bahwa nilai Fhitung = 1,47 dengan nilai sig 0,25 Tingkat signifikan 0,05. Karena nilai sig. 0,25 > 0,05 dan Fhitung < Ftabel, yaitu 1,47 < 4,35. Sehingga nilai pretest dan posttes memiliki hubungan linier. karena thitung 15,001 > 2,086 maka H0 ditolak dan Ha diterima Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis TPACK terhadap prestasi belajar mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan siswa kelas XI – Desain Komunikasi Visual di SMKN Trucuk Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 15 Nov 2024 04:51
Last Modified: 15 Nov 2024 04:51
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2832

Actions (login required)

View Item View Item