UPAYA GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN HAK ASASI MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII SMP PLUS ALMUTAMAKKIN KAPAS TAHUN PELAJARAN 2024/2025

ROSADI, AKHMAD FIKRI (2025) UPAYA GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN HAK ASASI MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII SMP PLUS ALMUTAMAKKIN KAPAS TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
AKHMAD FIKRI ROSADI_21220004 - Ahmad Fikri Rosyadi-1-22.pdf

Download (945kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Rosadi, Akhamd Fikri, 2025. Upaya Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Kesadaran Hak Asasi Manusia pada siswa kelas VIII SMP PLUS ALMUTAMAKKIN Kapas. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Pendidikan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (1) Dr. Ernia Duwi Saputri, S.pd., M.H(2) Drs. Heru Ismaya, M.H. Kata Kunci: upaya, guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, hak asasi manusia Menanamkan nilai-nilai Hak Asasi Manusia sejak dini sangat penting untuk mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi masa depan, karena Hak Asasi Manusia merupakan hak yang melekat dan tidak dapat dipisahkan dari manusia. Pendidikan berperan sebagai sarana strategis dalam proses ini, khususnya melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menanamkan kesadaran untuk menghormati hak asasi manusia pada siswa kelas VIII di SMP PLUS ALMUTAMAKKIN Kapas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari satu orang guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan dua belas siswa kelas VIII yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menanamkan kesadaran menghormati hak asasi manusia dilakukan melalui kegiatan instruksional dan disipliner. Kegiatan instruksional dilakukan dengan memberikan pemahaman tentang pentingnya hak asasi manusia melalui pembelajaran di kelas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Sementara itu, upaya disipliner dilakukan melalui teguran lisan dan nasihat sebagai bagian dari pembinaan karakter.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 28 Jul 2025 07:10
Last Modified: 28 Jul 2025 07:10
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2848

Actions (login required)

View Item View Item