CHOIRIYAH, NURUL IZZATUL (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA QUIZLET TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASAN KEBIJAKAN FISKAL KELAS XI SMA NEGERI 1 KALITIDU TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
NURUL IZZATUL CHOIRIYAH-21210073 - Nurul Izzatul Choiriyah-1-28.pdf Download (904kB) |
Abstract
Izzatul Choiriyah, Nurul. 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Quizlet Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Fiskal Kelas XI SMA Negeri 1 Kalitidu Tahun Ajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Dr. Fruri Stevani, M.Pd., Pembimbing II Drs. Sujiran, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Quizlet, Prestasi Belajar Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Kalitidu yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang tidak melibatkan siswa secara langsung, sehingga membuat mereka merasa kurang tertarik dengan materi yang diajarkan. Rumusan masalah dari penelitian ini apakah terdapat pengaruh secara positif signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media quizlet terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kebijakan fiskal kelas XI SMA Negeri 1 Kalitidu tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre eksperimen berupa One Group Pretest-Posttest design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI-6 SMA Negeri 1 Kalitidu sebanyak 34 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes (pretest dan posttest), serta dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji normalitas dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media Quizlet terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Thitung sebesar -20,001 Dengan Ttabel sebesar 2,034 dan diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dengan hasil tersebut H0 dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh secara positif signifikan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Quizlet Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Fiskal Kelas XI SMA Negeri 1 Kalitidu Tahun Ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:27 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 04:27 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2850 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |