PENGEMBANGAN APLIKASI GEOMATH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SISWA KELAS IX MTs N 1 BOJONEGORO

BAUW, SITI HAJAR (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI GEOMATH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SISWA KELAS IX MTs N 1 BOJONEGORO. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SITI HAJAR BAUW_21310058 - Siti Hjr-1-26.pdf

Download (659kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Bauw, Siti Hajar, 2025. Pengembangan Aplikasi GeoMath untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas IX MTs N 1 Bojonegoro. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Dr. Puput Suriyah, M.Pd., (II) Dwi Erna Novianti, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan Aplikasi, GeoMath, Pemecahan Masalah Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pengembangan aplikasi GeoMath dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah geometri pada materi bangun ruang sisi lengkung siswa kelas IX MTs N 1 Bojonegoro, (2) mengetahui validitas dan kepraktisan aplikasi GeoMath, serta (3) mengetahui keefektifan aplikasi GeoMath dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah geometri pada materi bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi hingga tahap revisi produk akhir. Subjek penelitian meliputi siswa kelas IX MTs N 1 Bojonegoro sebagai pengguna media, serta guru matematika yang berperan sebagai validator ahli materi dan penilai kepraktisan media. Instrumen penelitian mencakup lembar observasi non-struktur, wawancara non-struktur, angket validasi ahli media dan ahli materi, angket respon siswa dan guru, serta soal pre-test dan post-test. Hasil validasi menunjukkan bahwa aplikasi GeoMath berada dalam kategori valid, dengan indeks Aiken’s V sebesar 0,84 dari ahli media dan 0,833 dari ahli materi. Tingkat kepraktisan media menurut respon guru sebesar 83% (praktis) dan siswa sebesar 81,46% (sangat praktis). Hasil uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata siswa dari 47,57 (pre-test) menjadi 76,69 (post-test), dengan nilai N-Gain sebesar 0,51 (kategori sedang). Dengan demikian, aplikasi GeoMath dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah geometri siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 30 Jul 2025 07:51
Last Modified: 30 Jul 2025 07:51
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2860

Actions (login required)

View Item View Item