EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 KEDUNGADEM TAHUN PELAJARAN 2024/2025

ALFIANI, SINTIA RAHMA (2025) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 KEDUNGADEM TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Sintia Rahma Alfiani-21210081 - sintia rahma-1-23.pdf

Download (879kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Alfiani, S. R. (2025). Eksperimentasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Wordwall Terhadap hasil belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Kedungadem Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Nur Rohman, M.Pd., Pembimbing II Ali Mujahidin, S.Pd. M. M. Kata Kunci: Kelas Terbalik, Media Wordwall Interaktif, Prestasi Belajar Siswa "Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah penggunaan metode kelas terbalik dengan media wordwall interaktif benar-benar membantu siswa ekonomi kelas sepuluh di SMA Negeri 1 Kedungadem belajar lebih baik selama tahun ajaran 2024/2025. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan metode pengajaran baru yang membuat siswa lebih terlibat dan membantu mereka memahami ekonomi dengan lebih baik, karena metode pengajaran yang normal seringkali tidak mendorong siswa untuk belajar sendiri. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan dua kelompok: satu kelompok menggunakan metode kelas terbalik dengan dukungan wordwall, dan kelompok lainnya menerima instruksi normal. Semua siswa kelas sepuluh di SMA Negeri 1 Kedungadem berpartisipasi dalam penelitian ini, dengan kelompok khusus yang terdiri dari 64 siswa dipilih menggunakan metode pengambilan sampel yang ditargetkan. Untuk mengumpulkan data tentang seberapa baik siswa belajar, tes awal dan tes akhir diberikan, dan reliabilitas serta akurasinya diperiksa. Uji-t digunakan untuk menganalisis data dan membandingkan hasil belajar rata-rata kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen belajar secara signifikan lebih baik daripada kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa metode kelas terbalik dengan disertai word wall efektif membantu siswa mempelajari ekonomi lebih baik di SMA Negeri 1 Kedungadem."

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 30 Jul 2025 08:39
Last Modified: 30 Jul 2025 08:39
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2864

Actions (login required)

View Item View Item