PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN KARTU GEOMETRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 NGRAHO TAHUN AKADEMIK 2024/2025

Setiyowati, Endang (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN KARTU GEOMETRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 NGRAHO TAHUN AKADEMIK 2024/2025. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
ENDANG SETIYOWATI-21310043 - Endang Setiyowati-1-24.pdf

Download (953kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Setiyowati, Endang.2025. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Kartu Geometri terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Ngraho Tahun Akademik 2024/2025. Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (1) Drs. Sujiran, M.Pd. (2) Dr. Fruri Stevani, M.Pd. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Kartu Geometri, Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbantuan kartu geometri terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental jenis one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ngraho dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX H yang berjumlah 32 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian sebanyak 10 soal. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 65,72 (pretest) menjadi 82,16 (posttest). Hasil analisis uji paired sample t-test menunjukkan nilai thitung= 3,594540212 > ttabel= 2,039513446 pada taraf signifikan 0,05 yang berarti terdapat pengaruh signifikan Pengaruh Model Problem-Based Learning Berbantuan Kartu Geometri terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Ngraho tahun akademil 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 01 Aug 2025 06:50
Last Modified: 01 Aug 2025 06:50
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2877

Actions (login required)

View Item View Item