Peni, Sri (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI BANGUN DATAR. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
SRI PENI_(21310062) - Sri Peni-1-26.pdf Download (719kB) |
Abstract
Peni, Sri, 2025. Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Google Sites pada Materi Bangun Datar, Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing I Ibu Dr. Dra. Junarti, M.Pd., Pembimbing II Ibu Anis Umi Khoirotunnisa’, M.Pd. Kata Kunci: E-Modul, Google Sites, Bangun Datar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya ketersediaan bahan ajar digital yang interaktif dan menarik untuk topik bangun datar segiempat dan segitiga di tingkat SMP. Selama ini proses pembelajaran masih bergantung pada modul konvensional yang kurang mendukung dan belum optimal dalam pemanfaatan teknologi. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan e-modul berbasis digital yang dapat diakses kapan saja dan mendukung pembelajaran mandiri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-modul matematika berbasis Google Sites (EMOBA) yang memenuhi kriteria valid, layak, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VII SMP pada materi bangun datar. E-modul ini dilengkapi fitur interaktif seperti visualisasi gambar, contoh soal, dan latihan untuk membantu pemahaman konsep. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan mengevaluasi efektivitas e-modul melalui uji coba media dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap analisis mencakup identifikasi kebutuhan siswa dan kesesuaian dengan kurikulum, tahap desain melibatkan penyusunan struktur e-modul, tahap pengembangan dilakukan dengan membuat e-modul menggunakan Google Sites, implementasi dilakukan melalui uji coba di kelas, dan tahap evaluasi menilai aspek validitas, kelayakan, serta efektivitas e-modul. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, angket respon guru, serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul memiliki tingkat kevalidan tinggi dengan skor 0,87 dari validator materi dan 0,82 dari validator media. Hasil kelayakan dari guru menunjukkan persentase 94,48% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Efektivitas e-modul ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata siswa dari 58,00 (pre-test) menjadi 85,36 (post-test), dengan N-Gain sebesar 0,72 yang termasuk kategori tinggi. Hal ini membuktikan bahwa e-modul secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa. Dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika berbasis Google Sites (EMOBA) merupakan media pembelajaran yang valid, layak, dan efektif untuk digunakan pada materi bangun datar kelas VII SMP. E-modul ini berpotensi menjadi alternatif bahan ajar digital yang interaktif dan mudah diakses. Saran pengembangan selanjutnya mencakup perluasan cakupan materi, penambahan fitur interaktif, serta uji coba pada konteks yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 07:47 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 07:47 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2879 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |