PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DALAM PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA KELAS VII F SMPN 1 PARENGAN TUBAN

Ayu, Laila Kusumaning (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DALAM PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA KELAS VII F SMPN 1 PARENGAN TUBAN. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Dokumen dari Laila - Laila Kusuma-1-26.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Laila. 2025. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita dalam Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Augmented Reality Pada Kelas VII F SMP N 1 Parengan Tuban: Relevansinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Dr. Cahyo Hasanudin, M.Pd. (II) Sutrimah, M.Pd. Kata Kunci: Teks Berita, Quantum Learning, Augmented Reality Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita dan motivasi belajar siswa melalui penerapan model Quantum Learning berbantuan media Augmented Reality. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan menulis teks berita siswa serta kurangnya motivasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Melalui pendekatan pembelajaran yang inovatif dan berbasis teknologi, diharapkan proses belajar menjadi lebih menyenangkan, interaktif, dan bermakna. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus pada siswa kelas VII F SMPN 1 Parengan Tuban. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi, pedoman wawancara, angket motivasi belajar, dan tes unjuk kerja menulis teks berita. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, angket, dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Quantum Learning berbantuan Augmented Reality efektif meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa, yang ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata dari 18% pada tahap prasiklus, menjadi 46% pada siklus I, dan meningkat signifikan menjadi 84% pada siklus II. Selain itu, motivasi siswa juga mengalami peningkatan, terlihat dari keaktifan, rasa percaya diri, dan antusiasme siswa selama proses pembelajaran. Dengan demikian, penerapan model ini tidak hanya berdampak positif terhadap aspek kognitif siswa, tetapi juga terhadap aspek afektif, yakni motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:33
Last Modified: 04 Aug 2025 04:33
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2886

Actions (login required)

View Item View Item