FEBRIANTI, JUITA PUTRI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMKN DANDER PADA MATERI PELAKU EKONOMI DAN KEGIATAN EKONOMI. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
JUITA PUTRI FEBRIANTI_21210020 - Juita Putri-1-33.pdf Download (589kB) |
Abstract
Juita Putri Febrianti, 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Di SMKN Dander Pada Materi Pelaku Ekonomi Dan Kegiatan Ekonomi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Pembimbing: (1) Rika Pristian Fitri Astuti, M.Pd. (2) Dian Ratna Puspananda, M.Pd. Kata Kunci : SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual), Hasil Belajar Kognitif Siswa, Penelitian Kuantitatif, SMKN Dander, Materi Pelaku Ekonomi Dan Kegiatan Ekonomi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (somatic, auditory, visual, intellectual) terhadap hasil belajar kognitif siswa di SMKN Dander pada materi pelaku ekonomi dan kegiatan ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN Dander dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X – LPFKK sejumlah 36 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Uji instrument tes yang digunakan adalah uji validitas menggunakan validator, uji reliabilitas menggunakan KR-21, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda soal. Sedangkan uji prasyaarat awal yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa thitung > ttabel yang artinya kedua data sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran SAVI adalah signifikan serta nilai sig 0.000 < 0.05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Maka terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Di SMKN Dander Pada Materi Pelaku Ekonomi Dan Kegiatan Ekonomi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 05:58 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 05:58 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2890 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |