PENGARUH GAYA HIDUP DAN PROMOSI DIGITAL TERHADAP PERILAKU KONSUMSI ONLINE PADA GENERASI Z (STUDI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI IKIP PGRI BOJONEGORO)

Mufida, Nazilatul (2025) PENGARUH GAYA HIDUP DAN PROMOSI DIGITAL TERHADAP PERILAKU KONSUMSI ONLINE PADA GENERASI Z (STUDI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI IKIP PGRI BOJONEGORO). Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Nazilatul Mufida (21210027) - Nazilatul Mufida-1-29.pdf

Download (686kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Mufida, Nazilatul. 2025. Pengaruh Gaya Hidup dan Promosi Digital Terhadap Perilaku Konsumsi Online Pada Generasi Z (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro). Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Taufiq Hidayat, M.Pd., (II) Ali Noeruddin, M.Pd. Kata Kunci: Pengaruh Gaya Hidup, Promosi Digital, Perilaku Konsumsi Online, Generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Gaya Hidup dan Promosi Digital terhadap Perilaku Konsumsi Online pada Generasi Z, khususnya Mahasiswa Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei, menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 67 responden dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh simultan maupun parsial dari variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik Gaya Hidup maupun Promosi Digital berpengaruh secara signifikan terhadap Perilaku Konsumsi Online. Gaya hidup modern yang melekat pada Generasi Z serta paparan Promosi Digital yang intens melalui media sosial, diskon, dan endorsement secara signifikan memengaruhi intensitas pembelian daring mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat Gaya Hidup Digital dan semakin efektif Promosi Digital yang diterima, maka semakin besar kecenderungan Generasi Z untuk melakukan konsumsi secara online. Temuan ini menegaskan bahwa digitalisasi dan gaya hidup Generasi Z memainkan peran penting dalam membentuk pola konsumsi modern. Implikasi dari penelitian ini mengindikasikan pentingnya pemahaman karakterisik Gaya Hidup dan strategi Promosi Digital dalam merancang kampanye pemasaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 04 Aug 2025 06:09
Last Modified: 04 Aug 2025 06:09
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2891

Actions (login required)

View Item View Item