PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN AND CREATE) BERBANTUAN MEDIA NEARPOD TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI MAN 2 BOJONEGORO

Aisah, Siti (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN AND CREATE) BERBANTUAN MEDIA NEARPOD TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI MAN 2 BOJONEGORO. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SKRIPSI SITI AISAH (21210038) - EKOP _Siti Aisah-1-26.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Aisah, Siti. (2025) “Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) berbantuan Nearpod terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di MAN 2 Bojonegoro. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Ayis Crusma Fradani, M.Pd. Pembimbing II Dr. Ahmad kholiqul Amin, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: RADEC, Nearpod, Prestasi Belajar Observasi awal ditemukan bahwa prestasi belajar masih rendah hal itu dapat lihat rata-rata nilai khususnya pelajaran ekonomi di kelas XI-E yang masih rendah dibawah nilai KKM. Sebagian besar guru masih menggunakan metode konvensional atau ceramah saat mengajar di era modern ini yang berpusat pada guru (teacher centered). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran oleh guru yang belum optimal berdampak pada kurang efektifnya pembelajaran dalam menggali minat, bakat, serta kemampuan siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) berbantuan media Nearpod terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di MAN 2 Bojonegoro. Penelitian in penelitian kuantitatif desain one group dengan pretest dan posttest. Adapun responden adalah siswa kelas XI dengan sampel yng terdiri dari 32 siswa dalam satu kelas. Metode pegumpulan data meliputi dokumentasi, tes, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan hipotesis menggunakan uji t berpasangan (paired sample t-test). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai sig sebesar 0,000. Perolehan nilai sig. tersebut ternyata lebih kecil daripada nilai alpha 0,05 (0,000 <0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka, kesimpulan uji hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) berbantuan media Nearpod terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di MAN 2 Bojonegoro. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) berbantuan media Nearpod terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di MAN 2 Bojonegoro. Kesimpulan tersebut diambil karena perolehan nilai sig. lebih kecil daripada nilai alpha (0,000 <0,05), sehingga H0 ditolak H1 diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 12 Aug 2025 03:15
Last Modified: 12 Aug 2025 03:15
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2900

Actions (login required)

View Item View Item