Fajri, Fina Amelia (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMP NEGERI 2 SOKO. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
SKRIPSI FINA AMELIA FAJRI 21220015 - Fina Amelia Fajri-1-21.pdf Download (599kB) |
Abstract
Fajri , Fina Amelia. 2025. ‘‘Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Word Square Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Soko.’’, Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Dr. Ernia Duwi Saputri, S.Pd.,M.H, Pembimbing (II) Drs. Heru Ismaya, M.H.. Kata Kunci: Metode WordSquare, Berpikir Kritis, Pembelajaran PPKn Studi ini bertujuan untuk menilai dampak pengaplikasian metode pembelajaran Word Square terhadap perkembangan siswa dalam kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP Negeri 2 Soko. Metode kuantitatif dengan pendekatan statistik deskriptif dipilih dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 36 siswa dari 6 kelas dan 6 mata pelajaran. Instrumen yang digunakan terdiri dari kuesioner sebanyak 20 item pertanyaan dan 10 essai untuk mengevaluasi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Data dianalisis dengan memanfaatkan Microsoft Excel, termasuk uji normalitas dengan Shapiro-Wilk. Hasil penelitian statistic t menunjukkan bahwa ditemukan dampak positif dan signifikan dari variabel independent (Variabel X) pada variable dependen (Variabel Y). Temuan ini menunjukkan bahwa metode Word Square dapat berfungsi sebagai pilihan yang baik untuk meningkatkan mutu pembelajaran. PPKn. Namun, penelitian ini terbatas pada satu variabel bebas, sehingga disarankan untuk mempertimbangkan variabel tambahan dalam penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 07:37 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 07:37 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2927 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |