UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS X SMA ISLAM WASILATUL HUDA TAHUN AJARAN 2024/2025

NIDHOM, MOHAMMAD (2025) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS X SMA ISLAM WASILATUL HUDA TAHUN AJARAN 2024/2025. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Mohammad Nidhom-21110025 - Mohammad Nidhom-1-25.pdf

Download (964kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Nidhom, Mohammad. 2025. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Puisi Dengan Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achiement Division (STAD) Pada Siswa Kelas X SMA Wasilatul Huda Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Muhammad Sholehuddin, M.Pd Drs. Syahrul Udin, M.Pd., (II) Drs. Syahrul Udin, M.Pd Kata kunci— keterampilan menulis,puisi, model cooperative learning tipe student team achiement division (STAD) Penelitian Tindakan Kelas ini berfokus pada peningkatan keterampilan menulis puisi bagi siswa kelas X SMA Wasilatul Huda untuk tahun ajaran 2024/2025. Tujuan utamanya bukan hanya sekadar melihat adanya peningkatan, tetapi juga untuk mengevaluasi secara menyeluruh kualitas proses dan hasil dari implementasi model pembelajaran Cooperative Learning. Selain itu, penelitian ini secara spesifik berupaya untuk mengukur sejauh mana peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks puisi setelah penerapan model tersebut.. Penelitian ini mengadopsi metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 19 siswa kelas X SMA Wasilatul Huda. Data dikumpulkan secara kualitatif, melalui observasi penerapan metode Cooperative Learning tipe STAD dan media, serta wawancara. Sementara itu, data kuantitatif diperoleh dari hasil tes keterampilan menulis siswa, yang digunakan untuk mengukur peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan model pembelajaran ini. Penggunaan metode Cooperative Learning tipe STAD dinilai sangat baik. Terlebih lagi, hasil belajar siswa dalam menulis puisi mengalami peningkatan signifikan di setiap siklus. Rata-rata nilai pada siklus I adalah 73,63, meningkat menjadi 82,41 pada siklus II. Selain itu, kegiatan guru dan keaktifan siswa juga sangat tinggi, masing-masing mencapai 91,66% dan 94,44%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 26 Aug 2025 07:37
Last Modified: 26 Aug 2025 07:37
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2954

Actions (login required)

View Item View Item