ANALISIS KECEMASAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMK KRIDA DOPLANG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Cahyanto, Nando Dwi (2025) ANALISIS KECEMASAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMK KRIDA DOPLANG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SKRIPSI NANDO FINAL - Nando Dwi-1-25.pdf

Download (935kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Cahyanto, Nando Dwi. 2025. Analisis Kecemasan Belajar Siswa Kelas XI SMK Krida Doplang Pada Pembelajaran Matematika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (1) Dr. Puput Suriyah S.Pd., M.Pd. (2) Dwi Erna Novianti S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan, Kecemasan Belajar, Kecemasan Matematika, Siswa SMK Penelitian ini membahas kecemasan belajar siswa kelas XI SMK Krida Doplang dalam pembelajaran matematika. Matematika sebagai mata pelajaran yang penting sering kali menimbulkan kecemasan karena dianggap sulit dan membingungkan oleh sebagian siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kecemasan belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket yang disebarkan kepada 16 siswa. Data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa berada pada kategori kecemasan sedang hingga tinggi, khususnya pada aspek somatik, kognitif, dan sikap, dengan gejala seperti jantung berdebar, kesulitan konsentrasi, serta munculnya pikiran negatif terhadap kemampuan diri. Faktor-faktor yang memengaruhi kecemasan antara lain tekanan lingkungan, metode pengajaran yang kurang tepat, rendahnya rasa percaya diri, serta pengalaman belajar yang negatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih mendukung secara emosional untuk membantu mengurangi kecemasan matematika dan meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 27 Aug 2025 06:31
Last Modified: 27 Aug 2025 06:31
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2962

Actions (login required)

View Item View Item