Mirza, Nellya (2025) PENGEMBANGAN E-LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (E-LKPD) MATEMATIKA BERBANTUAN FLIPBOOK BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
SKRIPSI_NELLYA MIRZA_21310021_COMPRESS FULLPAPER - Nellya Mirza-1-31.pdf Download (539kB) |
Abstract
Mirza, Nellya. 2025. Pengembangan E-Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Matematika Berbantuan Flipbook Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Novi Mayasari, M.Pd., Pembimbing (II) Ari Indriani, M.Pd. Kata kunci : E-LKPD, Flipbook, Discovery Learning, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan bentuk mengembangkan E-LKPD matematika berbantuan flipbook berbasis discovery learning. 2) mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan E-LKPD matematika berbantuan flipbook berbasis discovery learning. 3) mendeskripsikan keefektifan E-LKPD berbantuan flipbook berbasis discovery learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi 3-D yang hanya sampai pada tahap develop (pengembangan). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-E SMP Negeri 1 Rengel dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, lembar validasi, angket (kuesioner), tes yang berupa pretest-posttest dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis kevalidan E-LKPD, analisis kepraktisan E-LKPD, analisis keefektifan E-LKPD dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD dikembangakan dengan menggunakan model 4-D Thiagarajan melalui tahapan define, design, develop dan disseminate. E-LKPD yang dikembangkan layak digunakan dengan perolehan tingkat kevalidan E-LKPD oleh ahli materi dan ahli media diperoleh 0,91 dan 0,92 dengan kategori “sangat valid”, tingkat kepraktisan diperoleh dari angket respon guru dan siswa sebesar 96,36 dan 91,48 dengan kategori “sangat praktis”, serta tingkat keefektifan diperoleh 0,75 dengan kategori “sangat efektif” dan hasil belajar siswa diperoleh nilai pretest-posttes sebesar 46 “kurang tinggi” dan 86 “sangat tinggi”. Selain itu, penggunaan E-LKPD membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran di kelas dan membantu siswa dalam memahami materi, serta meciptakan suasana kelas menjadi lebih aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan: 1) E-LKPD matematika berbantuan flipbook berbasis discovery learning dikembangkan menggunakan model 4-D. 2) E-LKPD matematika berbantuan flipbook berbasis discovery learning yang dikembangkan telah layak digunakan dan memenuhi kriteria valid dan praktis serta mudah digunakan. 3) E-LKPD matematika berbantuan flipbook berbasis discovery learning telah dinyatakan efektif serta membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, mampu membantu siswa dalam memahami materi, serta efektif meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 04:54 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 04:54 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2976 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |