PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

AMELYA, NINDY (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
NINDY AMELYA_21310054 - Nindy Amelya-1-29.pdf

Download (831kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Amelya, Nindy. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Novi Mayasari, M.Pd., pembimbing II Ari Indriani, M.Pd. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Wordwall, Hasil Belajar Siswa Rendahnya hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran matematika disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi dan cenderung monoton serta minimnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh sigifikan dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas IX di MTs Walisongo sebanyak 82 siswa, dengan teknik sampling total atau sampling jenuh. Sampel meliputi 42 siswa di kelas IX A sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pemebelajaran PBL berbantuan Wordwall, dan 40 siswa di kelas IX B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi. Tes berupa 6 soal uraian yang telah diuji coba kemudian diuji validitas isi, reliabilitas, daya pembeda serta tingkat kesukaran dan soal dinyatakan layak. Analisis data menggunakan independent sample t-test rumus (Polled Varians) dengan uji prasyarat meliputi normalitas, homogenitas dan keseimbangan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis terhadap data hasil belajar yang diperoleh melalui posttest dengan menggunakan uji t, pada taraf signifikansi α = 5%, dan daerah kritis DK = {

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 01 Sep 2025 08:05
Last Modified: 01 Sep 2025 08:05
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2985

Actions (login required)

View Item View Item