PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GOOGLE SITES BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS

Hidayah, Siti Nur (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GOOGLE SITES BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Siti Nur Hidayah - 21310061 - Siti Nur Hidayah-1-26.pdf

Download (311kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Hidayah, Siti Nur, 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Google Sites Berbantuan Geogebra pada Materi Persamaan Garis Lurus, Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing I Ibu Dr. Dra. Junarti, M.Pd., Pembimbing II Ibu Anis Umi Khoirotunnisa’, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Google Sites, Geogebra, Persamaan Garis Lurus Perkembangan teknologi mengalami peningkatan cukup pesat, terutama dalam bidang pendidikan. Perkembangan ini menuntut para guru untuk memperbaiki mutu pembelajaran dengan mengikuti perkembangan. Salah satu inovasi baru yang dapat digunakan saat ini adalah dengan memanfaatkan teknologi untuk membuat media pembelajaran. Media digital mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa yang abstrak dan sering dianggap sulit. Google Sites dan Geogebra hadir sebagai salah satu media digital yang dapat dimanfaatkan para guru untuk membantu proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mnjelaskan bagaimana proses pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Google Sites berbantuan Geogebra, menganalisis kevalidan, kelayakan, dan keefektifan media yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode R&D dengan model ADDIE. Hasil penelirian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sesuai dengan tahapan ADDIE dengan hasil validasi dari ahli materi sebesar 0,93 dan 0,92 dari ahli media dengan kategorisangat valid. Respon siswa menunjukkan rata-rata sebesar 75,73 pada uji coba skala kecil dan 75,94 pada uji coba skala besar dengan kategori media layak untuk digunakan. Skor NGain memperoleh rata-persentase sebesar 58% pada uji coba skala kecil dan 56% pada uji coba skala besar dengan kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 02 Sep 2025 02:18
Last Modified: 02 Sep 2025 02:18
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2991

Actions (login required)

View Item View Item