Ramadani, Rico Aditya (2025) PENERAPAN MODEL BELAJAR PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMAN 1 PADANGAN. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
SKRIPSI RICO ADITYA RAMADANI (21210032)PDF - Riko Aditya-1-22.pdf Download (704kB) |
Abstract
Ramadani, Rico Aditya, Penerapan Model Belajar Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi kelas X di SMAN 1 Padangan. Skripsi, program studi pendidikan ekonomi, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (1) Nur Rohman, M.Pd. dan pembimbing (II) Ali Mujahidin S.Pd., M.M. Kata kunci : Metode Problem Based Learning, Hasil belajar Ekonomi, Siswa SMA kelas X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi siswa dan capaian hasil belajar dalam mata pelajaran Ekonomi di kelas X SMA Negeri 1 Padangan yang masih didominasi metode ceramah. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji secara mendalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Quasi Experimental tipe Nonequivalent Control Group Design dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan hasil belajar ekonomi yang berbentuk soal pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal yang disebar di 2 kelas X1 dan X2 ekonomi sebanyak 72 siswa. Analisis data yang dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji N-gain. Sedangkan teknik validitas data yang dilakukan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model Problem Based Learning secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Padangan, terbukti dari uji t dengan signifikansi 0,000. Problem Based Learning efektif karena melibatkan siswa secara aktif melalui pemecahan masalah nyata.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 03:20 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 03:20 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2994 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |