LISWATIN, LISWATIN (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI KELAS XI IPS MAN 2 BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
BISMILLAH SKRIPSI LISWATIN (21210021) (1) - Liswatin-1-22.pdf Download (881kB) |
Abstract
Liswatin. 2025. “Pengruh Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan video animasi Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi Kelas XI IPS MAN 2 Bojonegoro. Program Studi Pedidikan Ekonomi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Dr. Fruri Stevani, M.Pd., Pembimbing II Drs. Sujiran, M.Pd. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), Video Animasi, Prestasi Belajar, Kegiatan Ekonomi, Pendekatan Kuantitatif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan video animasi Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran konvensional yang kurang menarik dan minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS MAN 2 Bojonegoro. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penerapan model pembelajaran CTL berbantu video animasi terhadap peningkatan prestasi belajar ekonomi siswa. Dengan demikian, penerapan model ini dapat menjadi solusi alternatif untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa, di mana hanya 40% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 75. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang cenderung monoton dan pasif, mengakibatkan kebosanan dan kurangnya fokus siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah 32 siswa kelas XI G. Data dikumpulkan melalui test. Analisis data melibatkan uji normalitas (Shapiro-Wilk) , uji linearitas , dan uji hipotesis dengan t-test regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu video animasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi. Uji statistik paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi di bawah 0,05, yang membuktikan adanya perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Metode ini membantu siswa memahami konsep ekonomi yang bersifat abstrak melalui visualisasi interaktif, sehingga meningkatkan motivasi dan daya ingat siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 04:30 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 04:30 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2998 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |