PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 BANGILAN

SYAKIR, MOCH. YUSUF (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 BANGILAN. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SKRIPSI_MOCH. YUSUF SYAKIR_NIM 212210026_OKE - Muhammadyusuf Syakir-1-27.pdf

Download (537kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Syakir, Moch. Yusuf. 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Bangilan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGR BOJONEGORO. Pembimbing (I) Nur Rohman, M.Pd, Pembimbing (II) Ali Mujahidin, S.Pd., M.M. Kata Kunci: Discovery Learning, hasil belajar, ekonomi, model pembelajaran, Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi masih menjadi permasalahan, salah satunya disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangilan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experiment bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X-E6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan kelas X-E3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal pretest dan posttest. Uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas dengan metode Shapiro-Wilk dan uji homogenitas menggunakan Levene’s Test. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal (p > 0,05), dan hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varians kedua kelompok adalah homogen (p > 0,05). Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test, yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,006 (p < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 50,00 dan meningkat menjadi 79,14 pada posttest, sedangkan kelas kontrol mengalami peningkatan dari 40,63 menjadi 71,13. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap peningkatan hasil belajar ekonomi siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran Discovery Learning efektif diterapkan dalam pembelajaran Ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 02 Sep 2025 05:32
Last Modified: 02 Sep 2025 05:32
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3001

Actions (login required)

View Item View Item