KHASANAH, USWATUN (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP AL-KYAI SITIAJI BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
uswatun khasanah-1-29.pdf Download (1MB) |
Abstract
Khasanah, (2024) Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Al-Kyai Sitiaji Bojonegoro. Pembimbing (1) Dr. Taufiq Hidayat M.Pd. Pembimbing (2) Ali Noeruddin. S.Si M.Pd Kata kunci : Think Pair Share, Prestasi Belajar, IPS. Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan permasalahan yaitu masih rendahnya prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran (Ilmu Pengetahuan Sosial) IPS. Hal ini mengakibatkan siswa kurang terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan siswa hanya duduk, diam, dengar, catat, dan hafal. Kegiatan ini mengakibatkan siswa kurang ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran yang cenderung menjadikan mereka cepat bosan dan malas belajar. Selain itu, hasil lain yang didapat saat observasi awal adalah kurang bervariasinya model pembelajaran sehingga cara mengajar guru kurang menarik. Dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode konvesioanal yang dimana guru menjadi pusat pembelajaran sehingga peserta didik kurang aktif pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, hal ini mengakibatkan peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan latar belakang tersebut, sehingga rumusan masalah ini adalah bagaimana implementasi model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Al-Kyai Sitiaji Bojonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil prestasi belajar siswa dengan menerapkan Model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Al-Kyai Sitiaji Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classrom Action Research karena ruang lingkupnya dalam pembelajaran di sekolah yang dilaksanakan oleh guru didalam kelas dengan menggunakan metode pengumpulan data yang diterapkan yakni observasi, tes, serta dokumentasi. Sesudah itu data dianalisis secara kualitatif serta kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Terlihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa pada setiap siklus, serta meningkatnya partisipasi aktif dan kemampuan kerja sama siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, implementasi model pembelajaran Think Pair Share terbukti efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Model ini dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang inovatif dan bervariasi untuk menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, menyenangkan, dan bermakna.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 06:33 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 06:33 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3008 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |