MAULIDA, SIFTIA ALFIANA (2025) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SISWA MTs AL-AMIRIYAH BELUN KECAMATAN TEMAYANG KABUPATEN BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
SIFTIA ALFIANA MAULIDA (21210079) - Siftia Alfiana-1-23.pdf Download (447kB) |
Abstract
Maulida, S.,A. 2025. Pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata Pelajaran IPS kelas VII MTs AL-AMIRIYAH Belun Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Dr. Taufiq Hidayat, M.Pd., (II) Ali Noeruddin, S. Si., M.Pd. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Berpikir Keatif Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Apakah terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII MTs AL - Amiriyah Belun Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro. 2. Apakah terdapat pengaruh antara perhatian orang tua terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII MTs AL - Amiriyah Belun Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro. 3. Apakah terdapat pengaruh antara kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII MTs AL - Amiriyah Belun Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun jumlah yang diambil sebanyak 84 responden. Strategi penentuan diterapkan dengan cara purposive sampling. Proses pengumpulan data memanfaatkan kuesioner dan observasi. Temuan studi mengindikasikan bahwa: (1) Terdapat dampak afirmatif yang substansial antara Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Berpikir Kreatif peserta didik, dengan besaran thitung mencapai 3.616 yang melampaui ftabel senilai 1,989. (2) Perhatian Orang Tua murid juga mempunyai kontribusi afirmatif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif peserta didik, dibuktikan dengan besaran thitung mencapai 3.555 dan ftabel senilai 1,989. (3) Secara bersamaan, Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua memberikan kontribusi afirmatif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif peserta didik, dengan besaran fhitung mencapai 28.982 yang melampaui ftabel senilai 3,13.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 07:55 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 07:55 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3012 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |