ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MADRASAH ALIYAH SUNAN AMPEL TANJUNGHARJO KEC. KAPAS KAB. BOJONEGORO

ROSYIDI, DIKA FADHIL (2025) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MADRASAH ALIYAH SUNAN AMPEL TANJUNGHARJO KEC. KAPAS KAB. BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
DIKA FADHIL ROSYIDI_21210006 - Dika Fadhil-1-21.pdf

Download (777kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Rosyidi, Dika Fadhil. 2024. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kelas XII pada Mata Pelajaran Ekonomi Madrasah Aliyah Sunan Ampel Tanjungharjo Kec. Kapas Kab. Bojonegoro, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Ali Mujahidin, S.Pd., M.M., (II) Nur Rohman, M.Pd Kata kunci: hasil belajar, faktor internal, faktor eksternal, motivasi belajar, pembelajaran ekonomi Permasalahan dalam pencapaian hasil belajar siswa menjadi isu penting dalam dunia pendidikan, termasuk pada mata pelajaran Ekonomi yang menuntut kemampuan berpikir kritis, analitis, dan pemahaman konseptual. Berdasarkan observasi di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Tanjungharjo, ditemukan bahwa sekitar 40% siswa kelas XII menunjukkan rendahnya motivasi dan partisipasi aktif dalam pembelajaran, meskipun kondisi kelas tergolong kondusif dan fasilitas relatif memadai. Hal ini mendorong pentingnya penelitian terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Sunan Ampel. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian terdiri dari kepala madrasah, guru ekonomi, guru bimbingan konseling, dan tiga siswa kelas XII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal seperti motivasi belajar, minat, perhatian, dan kesiapan siswa sangat memengaruhi keberhasilan belajar. Di sisi lain, faktor eksternal seperti metode pembelajaran yang digunakan guru, dukungan keluarga, sarana-prasarana, dan lingkungan sekolah turut memberikan dampak signifikan. Rendahnya keterlibatan aktif sebagian siswa disebabkan oleh kombinasi kedua faktor tersebut. Sebagai solusi, penelitian ini merekomendasikan penerapan metode pembelajaran yang lebih variatif, penyediaan sumber belajar digital, peningkatan peran konseling, serta pelibatan orang tua dalam proses pembelajaran di rumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 08 Sep 2025 04:16
Last Modified: 08 Sep 2025 04:16
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3036

Actions (login required)

View Item View Item