Khoiriyah, Lu’lu’atul (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA BERITA DARING. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
LULUATUL KHOIRIYAH-1-27.pdf Download (600kB) |
Abstract
Khoiriyah, L. 2025. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Media Berita Daring. Program Studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Pembimbing (I) Dr. Cahyo Hasanudin, M.,Pd., (II) Sutrimah. S.Pd., M.Pd. Kata kunci: keterampilan menulis, teks berita, quantum learning, media berita daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk implementasi serta peningkatkan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMPN 1 Parengan melalui penerapan model pembelajaran quantum learning didukung oleh media berita daring. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VII E SMPN 1 Parengan. Siswa cenderung belum memahami struktur teks berita secara utuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri atas empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas guru dan siswa, tes menulis teks berita, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bentuk implementasi model pembelajaran quantum learning berbantuan media berita daring dalam pembelajaran menulis teks berita dilakukan melalui tahapan TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demontrasikan, Ulangi, Rayakan) yang mampu menciptakan suasana belajar aktif dan menyenangkan. Media daring seperti Kompas.com dimanfaatkan untuk memberikan contoh berita aktual memperkuat pemahaman struktur dan unsur berita secara konkret. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis teks berita signifikan dari siklus I ke siklus II. Pada tahap pra siklus, nilai rata-rata diperoleh siswa adalah 59, dengan ketuntasan klasikal hanya sebesar 20% atau sebanyak 6 dari 30 siswa mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 72, dengan ketuntasan klasikal mencapai 60% atau sebanyak 18 siswa tuntas. Peningkatan lebih tinggi terjadi pada siklus II, dengan nilai rata-rata mencapai 85 dan ketuntasan klasikal sebesar 93%, atau sebanyak 28 siswa dikatakan tuntas. Dari data tersebut bahwa penerapan model quantum learning berbantuan media berita daring efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks berita siswa. Model ini layak untuk dijadikan alternatif pembelajaran menulis inovatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 04:05 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 04:05 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3125 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |